12 Jun 2021


Sebagai penikmat makanan Padang, saya memiliki daftar tempat makan Padang yang ingin saya kunjungi di Jakarta. Dari daftar tersebut, ada satu rumah makan Padang yang sejak lama menarik perhatian saya, yaitu RM Rinai Pembasuah Luko yang artinya gerimis pembasuh luka. Ketika mendengar tempat makan satu ini, namanya terdengar puitis sekali.

Saya tahu tempat ini dari akun Instagram @darihalte_kehalte. Dari Halte ke Halte (DHKH) merupakan akun yang sering merekomendasikan tempat-tempat kuliner di sekitaran Jakarta yang dekat dengan titik kendaraan umum seperti halte Transjakarta, stasiun MRT, hingga stasiun kereta. 

Menurut informasi yang saya dapat dari DHKH, tempat satu ini memiliki dendeng batokok bakar dan gulai gajeboh yang menarik dan enak untuk dicoba. Berawal dari sana, saya dan Haris akhirnya datang berkunjung untuk mencicipi dan membuktikan langsung kelezatan dendeng bakar batokok khas RM Rinai Pembasuah Luko.


Menu makanan di RM Rinai Pambasuah Luko




Rumah makanan Padang biasanya identik dengan menu rendang. Namun, rumah makan satu ini cukup unik karena mereka tidak menyediakan rendang di daftar menunya. Beberapa menu yang kami coba di sana di antaranya, yaitu dendeng bakar batokok, gulai gajeboh, talua barendo lengkap dengan nasi hangat dan sambal jengkol.

Ini pertama kali saya mencoba dendeng bakar batokok, biasanya rumah makan Padang di Jakarta yang pernah saya temui hanya menyediakan menu dendeng kering, dendeng cabai merah atau cabai hijau saja. 

Ketika pertama mencoba dendeng batokok, yang saya rasakan itu gurih dan segar yang cukup kuat. Untuk satu porsi dendeng sudah dilengkapi dengan cabai hijau dan irisan bawang merah mentah yang disiram minyak kelapa. Aroma bakaran dari dendengnya cukup terasa. 

Untuk menghasilkan dendeng bakar batokok dengan rasa yang kuat dan segar ini, seperti dikutip dari food.detik proses pembuatannya perlu melalui empat tahapan. 

Tahapan pertama daging diiris sambil dioles bumbu, kemudian didiamkan selama satu jam. Setelah itu, dipotong dan dibakar sebelum akhirnya dipukul hingga bentuknya pipih. Menu satu ini jadi menu wajib yang harus dicoba saat datang ke sana.

Selain dendeng batokok, menu lain yang tidak kalah enak adalah gulai gajeboh. Dagingnya benar-benar empuk dan kuahnya sangat kuat dan kaya akan rempah-rempah, yang bikin nafsu makan meningkat. 

For your information, sebelum makan di sana saya sudah sarapan di rumah. Namun, saat makan di sana nafsu makan entah kenapa jadi muncul kembali, sampai-sampai saya ingin tambah satu piring nasi lagi. Tapi, niat itu saya urungkan karena sadar itu hanya nafsu semata. Saya khawatir jika tambah nasi lagi, yang ada saya akan sangat kekenyangan.

Harga makanan 


Untuk harga makanan yang terdiri dari nasi hangat, satu lauk lengkap dengan sambal jengkol dan sayur kol, serta kacang panjang adalah Rp. 30.000. Sementara untuk talua barendo sendiri Rp. 10.000. Total makan kami berdua Rp. 70.000. 

Dengan harga segitu, kami sangat puas sekali. Makanan yang kami coba tidak ada yang mengecewakan. Tempat ini akan jadi rumah makan Padang yang akan saya datangi lagi, jika saya rindu makan dendeng batokok bakar yang enak.

Akses ke RM Rinai Pambasuah Luko




Rumah makan yang berlokasi di Jakarta Selatan ini berada di Pasar Rumput lantai 3. Akses menuju tempat makan ini cukup mudah. Jika kamu pergi ke sana menggunakan Transjakarta koridor 4 bisa turun di Halte Pasar Rumput. Sementara jika kamu naik kereta, bisa turun di Stasiun Manggarai kemudian lanjut naik Transjakarta. Sangat mudah, bukan?

Jika kamu pergi ke sana, saran saya datang sebelum jam makan siang. Saya sendiri datang ke sana jam 9.30 WIB, tiga puluh menit setelah tempat ini buka. Rumah makan ini buka dari Senin sampai Sabtu, sedangkan Minggu tempat ini libur.

Di sini adakah teman-teman yang sudah mencoba atau tertarik untuk mencoba? Jika tertarik mencoba atau sudah pernah ke sana bisa ceritakan pengalamanmu di kolom komentar di bawah. 

Oya, jika ada rekomendasi tempat makan masakan Padang lainnya yang patut dikunjungi di Jakarta bisa comment juga, ya!

Senja and Books . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates