Pertanyaan Yang Sering Ditanya Seputar Jasa Titip Beli Buku

Kemudahan membeli buku lewat jasa titip.
Sumber : jasatitipbelibarang.blogspot.co.id

Mau cari buku langka atau buku lama yang murah? Tapi, kesulitan untuk menemukan buku-bukunya? Nggak perlu susah-susah nyari. Sekarang, kalian bisa mengunakan jasa titip beli buku lewat aku, melalui akun instagramku di @senjaandbooks atau melalui WhatsApp.

Sudah hampir satu bulan sejak awal September aku membuka usaha jasa titip beli buku lama atau buku langka, yang sudah tidak ada di toko buku, baik yang online atau tidak. Awalnya usaha ini bermula dari jasa titip beli buku di IIBF 2017, tapi setelah IIBF berakhir, aku mulai memperluasnya dengan membuka jasa titip untuk beli buku lama atau langka yang berada di Blok M Square.

Dan ternyata, peminatnya cukup banyak. Karena beberapa dari followers atau teman di instagramku tertarik untuk menitip dan minta dicarikan buku yang memang sulit mereka dapatakan. Bahkan, di luar dugaanku, ada juga yang tiba-tiba  men-DM aku untuk minta dicarikan buku-buku yang mereka inginkan karena mereka kesulitan mendapatkan buku tersebut. Ada juga yang minta dicarikan buku-buku bekas yang langka, tapi harga tetap bersahabat di kantong.

Nah, mulai dari situ, banyak sekali pertanyaan yang sering diajukan soal ketentuan jasa titip atau sistem jasa titipnya seperti apa. Makanya, aku menuliskan daftar pertanyaan yang biasa ditanyakan, beserta jawabannya. Jadi buat kalian yang berniat menggunakan jasa titip beli buku, sebelum kalian mulai menitip beli buku. Yuk, simak saja tulisan berikut ini! 

Q : Bagaimana dengan kondisi buku-buku yang dijual? Apakah buku-bukunya asli atau tidak?
A : Aku sering banget mendapat pertanyaan seperti ini. Tentu saja, buku yang aku tawarkan adalah buku-buku asli. Kalau pun, bukunya bajakan pasti akan diberitahu sebelumnya bahwa bukunya bajakan. Lagi pula, setiap membeli buku aku selalu memastikan buku-buku itu terlebih dahulu, apakah asli atau tidak.

Sebelum membeli, tentunya aku sudah melihat bentuk fisiknya, bagaimana kondisinya jika buku itu buku asli. Kalau pun, aku nggak sempat mendatangi tempatnya, pasti aku akan menghubungi penjual kenalanku melalui WhatsApp untuk menanyakan mengenai kondisi buku dan harga buku yang mereka tawarkan. Hal ini juga mempermudah aku untuk mencari buku-buku titipan. Aku juga memiliki kenalan beberapa penjual buku di sana dan aku cukup mengenal baik mereka karena sering membeli buku sehingga mereka selalu memberikan informasi mengenai bukunya, apakah asli atau tidak, apakah kondisinya masih bagus atau tidak, dan tentu harganya.

Q : Apakah hanya buku langka atau lama saja yang bisa minta dicarikan?
A : Bagi kalian yang ingin menitip beli buku, sebenarnya tidak hanya buku langka atau lama saja yang bisa dicarikan. Di sana, ada buku-buku kuliah atau sekolah juga. Jadi, kalau mau nitip beli buku sekolah atau kuliah tentu saja bisa selama itu buku. Oya, komik juga ada kalau memang mau menitip beli komik.

Sejauh ini, hampir kebanyakan yang nitip buku adalah buku kuliah atau sekolah atau novel lama. Kadang, aku juga menemukan buku-buku yang masih bersegel dengan kondisi yang masih bagus dan harga murah. Tapi stok bukunya sangat terbatas. Kalau untuk buku-buku kuliah atau sekolah banyak yang masih buku baru juga. Pokoknya, semua tergantung permintaan dari penitip, apakah mau beli buku yang asli atau bajakan, buku baru atau buku bekas.

Q : Berapa tarif jasa titipnya?
A : Nah, pertanyaan ini sering banget ditanya (Ya, wajar. Namanya juga usaha jasa titip). Untuk tarif sendiri itu bermacam-macam tergantung dari jenis buku, tingkat kesulitan mencari buku, atau dari ukuran barangnya. Tarifnya mulai dari tujuh ribu hingga lima belas ribu. Bahkan, pernah sampai dua puluh ribu. Tapi itu sesuai dengan jenis barangnya. Waktu itu biaya jasa titip pernah sampai dua puluh ribu, tapi itu untuk jenis boxset yang terdiri dari empat buku. Kadang, bisa dilihat dari jenis bukunya.

Misalnya ukuran bukunya besar, maka biaya jasa titipnya bisa sepuluh sampai lima belas ribu untuk satu buku. Karena menurutku itu wajar, mengingat kondisi bukunya juga besar atau tebal. Sementara aku membeli dan membawa buku itu sendirian. Belum lagi membawa buku-buku lainnya.

Q : Harga bukunya berapa ya untuk judul A, B, C, dst?
A : Untuk harga buku berapa pastinya aku nggak bisa memberitahu sebelum menanyakan terlebih dulu kepada penjual. Jadi, kalau kalian berniat menitip buku, kalian bisa kasih tahu dulu judul buku apa saja yang kalian minta carikan. Nanti, aku bakal coba tanya ketika datang ke sana atau menghubungi beberapa penjual kenalanku untuk menanyakan harga jika memang mereka memiliki persediaan buku yang dicari.

Q : Apakah bukunya bisa dicarikan yang lebih murah?
A : Tentu saja bisa. Tapi, jika buku yang dicari sulit dan hanya menemukan buku di satu tempat. Mau nggak mau ya paling ambil bukunya di tempat tersebut. Tapi, aku selalu berusaha untuk menawar harga buku sehingga kalian bisa mendapatkan buku dengan harga yang lebih murah. Namun, hal ini tidak semua berlaku tergantung kesepakatan si penjual. Kalau memang nggak bisa, aku akan menanyakan kembali kepada penitip buku apakah mau atau tidak dengan harga buku yang ditawarkan.

Q : Bagaimana sistem pembayarannya?
A :Untuk pembayaran bisa dilakukan sistem bayar bukunya dulu atau membayar seluruh biaya. Mulai dari biaya buku, jasa titip dan ongkos kirim. Kalau mau bayar bukunya dulu, nggak masalah. Yang penting biaya bukunya agar aku bisa membeli buku titipan kalian.

Q : Kenapa harus bayar bukunya dulu?
A : Karena keterbatasan biaya untuk membayar buku titipan, maka aku hanya bisa membeli buku titipan agar bisa membeli bukunya. Lagi pula, yang nitip beli buku bukan satu dua buku, tapi lumayan banyak. Jadi, mohon maaf tidak bisa membeli buku titipan sebelum melakukan pembayaran. Sebelumnya, aku pernah memberlakukan sistem beli buku menggunakan uang pribadi. Tapi, ternyata si penitip ini tidak jadi membeli buku dan hampir satu bulan sampai tulisan ini dimuat, dia tidak kunjung ada kabar dan sulit dihubungi. Aku nggak mau hal itu terjadi lagi. Tidak hanya sekali saja, tapi pernah terjadi dua kali. Sementara buku yang dibeli lumayan banyak yaitu sekitar lima atau enam buku. Makanya, aku nggak bisa menerapkan hal ini.

Q : Di mana biasa membeli buku-bukunya?
A : Sejauh ini, aku biasa membeli buku-buku di Blok M Square yang berada di Jakarta Selatan. Tapi, untuk ke depannya aku bakal mencoba memperluas pencarianku. Tidak hanya di Blok M saja.

Q : Pengirimannya dari mana?
A : Pengiriman dari Jakarta menggunakan JNE.

Q : Selain menggunakan JNE, apakah bisa menggunakan jasa pengiriman lainnya?
A :Bisa. Melalui Pos Indonesia. Sejauh ini, pengiriman selalu menggunakan JNE. Jarak ke Pos Indonesia dari rumah lumayan lebih jauh hehe. Tapi, kalau memang mau menggunakan Pos Indonesia bisa-bisa aja.

Q : Kapan buku-bukunya dikirim?
A : Setelah lunas melakukan pembayaran dan tentu saja ketika buku sudah dibeli. Aku biasa melakukan pengiriman setiap Kamis atau Jumat pagi sebelum kuliah. Selebihnya aku nggak bisa karena kuliah pagi dan kadang pulang malam juga. Kalau pun nggak pulang malam, aku biasa menggunakan waktunya untuk mencari buku titipan lainnya. 

Q : Apakah bisa membatalkan barang yang sudah dititip?
A : Selama buku yang dititip belum dibeli, masih bisa. Tapi, kalau buku tersebut sudah aku beli tidak bisa dibatalkan. Kalau memang sejak awal tidak cocok atau ragu dalam membeli, lebih baik tidak perlu. Tapi, kalau mau sekadar tanya-tanya dulu boleh kok.

Q : Apakah buku untuk judul A, B, C, dst. ada? Kapan kira-kira bukunya sudah ada?
A : Setelah kalian menitip untuk dicarikan buku, maka aku akan mulai mencari dan bertanya terlebih dahulu. Kalau selama proses pencarian buku tersebut tidak ada atau belum kutemukan maka aku belum bisa memastikan kapan buku tersebut tersedia. Tapi yang pasti, kalau buku tersebut ada aku akan menghubungi si penitip dan memberitahu bahwa buku yang mereka inginkan sudah tersedia atau berhasil kutemukan.

Q : Apakah perlu melakukan transfer dulu untuk membayar bukunya?
A : Selama bukunya belum berhasil ditemukan, kalian tidak perlu melakukan transfer pembayaran. Tapi, jika buku tersebut sudah ada, kalau kalian memang ingin segera mendapatkan buku tersebut, maka segeralah melakukan pembayaran. Minimal pembayaran untuk pembelian buku.

Jika ada pertanyaan yang masih mau ditanyakan atau kalian tertarik menitip buku, kalian bisa hubungi lewat Instagram di @senjaandbooks. Untuk mendapatkan buku-buku itu nggak semudah yang kalian bayangkan, perlu waktu dan kesabaran dalam mencarinya. Tapi, kalian nggak perlu khawatir dan susah-susah mencari. Dengan menitip buku, kalian bisa mendapatkan buku yang kalian mau.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Novel Si Bungsu “Amelia” karya Tere Liye

Tentang Kamu, Novel Biografi Sri Ningsih karya Tere Liye

7 Hal yang Bisa Kamu Renungkan dari Buku "Jika Kita Tak Pernah Jatuh Cinta"