Jangan Lewatkan Pameran Buku Terbesar di Indonesia

Apa sih yang paling ditunggu para pecinta buku, selain menunggu kehadiran buku baru yang akan terbit? Salah satunya adalah pameran buku. Ya, pameran buku merupakan acara yang paling dinanti karena di acara tersebut, banyak menawarkan berbagai macam buku dengan harga yang jauh lebih murah, jika dibandingkan harga di toko buku. Nah, berikut ini, ada tiga pemeran buku di Indonesia, yang tak boleh kalian lewatkan.
  1. Big Bad Wolf 

Big Bad Wolf (BBW) adalah pameran buku yang pertama kali hadir di Kuala Lumpur pada tahun 2009. Setiap tahunnya BBW kerap diadakan di kota-kota besar di Malaysia. Pada tahun 2015 BBW dilaksanakan secara berturut-turut selama 17 hari dengan penjualan lebih dari 3,5 juta buku dan dihadiri oleh 600 juta pengunjung. Semua buku yang disediakan merupakan buku-buku baru yang dibeli langsung dari penerbit-penerbit di Inggris, Amerika Serikat, dan Eropa, yang kemudian di jual dengan diskon 60-80 persen.
Untuk bisa mengunjungi BBW, kalian nggak perlu datang jauh-jauh ke Malaysia. Karena, kini BBW akan hadir di Indonesia, tepatnya di Jakarta mulai dari 21 April sampai 2 Mei 2017. BBW yang diadakan di Jakarta ini akan diselenggarakan di ICE BSD City Tanggerang dan buka nonstop selama 280 jam. Hal ini berarti selama 12 hari, pameran akan buka 24 jam. Dengan begitu, kalian dapat datang kapan saja untuk berbelanja buku, tanpa takut ketinggalan.
Kehadiran BBW di Indonesia memberikan kemudahan bagi semua orang, terutama para pecinta buku untuk mendapatkan buku-buku berkualitas dengan harga murah dan berbagai jenis buku, mulai dari buku anak-anak, fiksi, nonfiksi, referensi ilmiah, biografi, dan buku langka lainnya.

  1. Islamic Book Fair
Islamic Book Fair (IBF) adalah pameran buku terbesar di Indonesia yang juga merupakan destinasi wisata Islami. IBF diselenggarakan setiap tahun sekali oleh Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) DKI Jakarta. Awalnya, IBF bertujuan untuk mengakomodasi penerbit buku-buku Islam yang semakin marak untuk mempromosikan produknya kepada khalayak yang lebih luas. Seiring perkembangannnya, IBF tidak sekadar menjadi pameran buku Islam saja, melainkan juga menjadi salah satu ajang silaturahmi umat muslim di Indonesia.
Pada pameran IBF 2017 yang mengusung tema “Membangun Peradaban Melalui Literasi Islam” ini akan diselenggarakan selama 5 hari. Bila tahun sebelumnya penyelenggaraan IBF selalu diakhir bulan Februari dan awal Maret, selama 9-10 hari. Pada IBF 2017 nanti, akan berlangsung mulai dari 3-7 Mei 2017.
Tidak serperti tahun sebelumnya, yang biasa diselenggarakan di Gedung Istora Senayan. Lokasi IBF tahun 2017 ini berpindah tempat di Jakarta Convention Center (JCC) Hal A & B, Senayan, Jakarta. Lokasinya masih disekitar Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta. Menurut Ketua Panitia IBF 2017, Mahmud Anis Baswedan, akan ada 325 stan buku yang akan digelar selama IBF berlangsung. Selain itu juga, akan hadir beberapa penulis best seller seperti Tere Liye dan Habiburrahman El Shirazy. IBF kali ini akan menyediakan acara kidz zone, sehingga dapat menarik orang tua agar datang ke IBF bersama anaknya.
Kemudian, pameran buku Islami terbesar di Indonesia ini, rencananya juga akan menghadirkan replika rumah Rasulullah. Replika ini tidak hanya sebatas bentuk fisik rumahnya saja. Pengunjung nantinya juga akan bisa melihat suasana di dalam rumah Rasullulah tersebut. Duh, jadi nggak sabar, ya, untuk mengunjungi IBF 2017 nanti. 

  1. Indonesia International Book Fair
Selain BBW dan IBF, ada satu lagi pameran buku di Indonesia yang jangan sampai terlewatkan, yaitu Indonesia International Book Fair, yang awalnya bernama Indonesia Book Fair. Indonesia Book Fair (IBF) adalah salah satu pameran buku terbesar di Indonesia yang sudah terselenggara sejak 1980. Baru di tahun 2014, Indonesia Book Fair bertransformasi menjadi Indonesia International Book Fair (IIBF) setelah Indonesia meningkatkan tarafnya menjadi Tamu Kehormatan di pameran buku terbesar di dunia, Frankfrut Book Fair tahun 2015.
Pada tahun 2017 ini, IIBF akan kembali hadir di Jakarta pada tanggal 6-10 September 2017 di Assembly Hall, JCC. Pada tahun 2016 tamu kehormatan di IIBF adalah Malaysia. Kira-kira, siapa ya, yang akan menjadi tamu kehormatan di acara IIBF 2017 mendatang. Kalau penasaran, jangan sampai terlewatkan, ya.

Nah, itulah ketiga pameran buku yang bisa kalian datangi di tahun 2017 ini, catat tanggalnya agar tidak sampai ketinggalan kesempatan berbelanja buku dengan harga yang lebih murah dan mulai menabung dari sekarang sebelum acaranya berlangsung.

Sejak tahun 2014, dari ketiga pameran di atas, aku suka rutin mendatangi dua pameran buku IBF dan IIBF. Bagiku, kedua pameran buku itu, memberikan kemudahan untuk mendapatkan buku-buku yang kuinginkan dengan harga yang jauh lebih murah, serta menjadi destinasti wisata yang asyik buat dikunjungi.

Semoga tahun ini, aku memiliki kesempatan untuk mengunjungi ketiganya. Karena di tahun lalu, aku sempat ketinggalan informasi mengenai BBW sehingga belum pernah datang ke sana. Selain itu, tempatnya yang jauh dari tempat tinggalku, membuatku juga kesulitan untuk mendatanginya. Kalau kalian, kira-kira punya rencana mau datang ke pameran buku yang mana?

Referensi :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Novel Si Bungsu “Amelia” karya Tere Liye

Tentang Kamu, Novel Biografi Sri Ningsih karya Tere Liye