Bagaimana Cara Membaca Banyak Buku?

"Terlalu banyak buku yang ingin kubaca, tapi sedikit waktu yang kupunya."
Pernah nggak sih, kalian merasa ingin membaca banyak buku, tapi waktu yang kalian miliki itu terbatas? Jika iya, aku bakal memberikan tips supaya kalian bisa membaca banyak buku, meski waktu yang kalian miliki terbatas, baik karena aktivitas yang padat atau tugas yang menggunung.

Tips kali ini, biasa aku terapkan dalam kehidupanku sehari-hari, meski aku disibuki beragam kegiatan di kampus, organisasi, atau di rumah, serta tugas-tugas kuliah yang tidak pernah ada habisnya, tapi aku masih bisa membaca banyak buku. Kalian, pun bisa menerapkannya juga.

1. Luangkan 15 menit sehari untuk membaca
 
Meluangkan 15 menit untuk membaca

Dalam sehari kita memiliki waktu 24 jam untuk melakukan berbagai aktivitas. Diantara 24 jam waktu yang ada, kita bisa meluangkan minimal 15 menit sehari untuk membaca. 15 menit merupakan waktu yang sedikit untuk membaca. Jadi, sesibuk apa pun kalian, coba sempatkan untuk membaca. Jika kita bisa membaca buku lebih dari 15 menit itu jauh lebih baik.

Tapi, bagi kalian yang belum terbiasa membaca buku, tapi ingin bisa membaca banyak buku. Kalian bisa terapkan sistem ini untuk membaca buku-buku yang kalian ingin baca. Semakin banyak atau sering kamu membaca, maka semakin baik kamu bisa memanfaatkan waktu yang kamu miliki agar tidak terbuang sia-sia.

2. Membawa buku ke mana pun

Membawa buku ketika berpergian


Ketika berpergian, ke mana pun, usahakan kamu selalu membawa minimal satu buku di dalam tasmu. Buku tersebut bisa membantu kita untuk membaca lebih banyak buku di waktu yang terbatas. Semakin banyak buku yang bisa kamu bawa ketika pergi, semakin banyak buku yang bisa kamu baca.

Misalnya, ketika kuliah atau sekadar pergi, aku terbiasa membawa buku. Ketika pergi kuliah, selain buku kuliah yang aku bawa, aku juga biasa membawa satu atau dua buku di tasku. Hal ini sangat membantuku untuk membaca lebih banyak buku.

3. Baca buku di waktu luang

Membaca buku ketika di perjalanan

Waktu luang merupakan waktu yang paling berharga menurutku. Jadi, ketika kita memiliki waktu luang, usahakan waktu luang tersebut bisa kita manfaatkan untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat, misalnya saat menunggu kelas masuk atau ketika di perjalanan ke kampus atau pulang kuliah. Kita bisa manfaatkan waktu tersebut untuk membaca.

Bagiku, membaca merupakan kegiatan yang mendatangkan banyak manfaat, daripada waktu yang dimiliki terbuang sia-sia, lebih baik waktunya dimanfaatkan untuk membaca. Selain mengusir rasa bosan yang kerap melandaku, membaca buku di waktu luang dapat membantuku untuk bisa membaca lebih banyak buku yang ingin kubaca.

4. Miliki waktu khusus membaca

Miliki waktu khusus untuk membaca buku


Setiap orang memiliki waktu khusus untuk membaca. Ada yang bisa membaca di tempat yang sepi atau di tengah keramaian. Ada yang bisa membaca buku di pagi hari, sore hari, atau malam hari. Kita bisa menentukan waktu khusus untuk membaca sesuai dengan keinginan dan kenyamanan masing-masing.

Namun, yang paling baik menurutku adalah bisa membaca buku tanpa mementingkan kondisi waktu yang ada. Tapi, buat kalian yang kesulitan menemukan waktu untuk membaca, kalian bisa tentukan waktu khusus tersebut. Coba cari dan temukan waktu terbaik kalian untuk membaca. Tentunya kalian bisa menentukannya sendiri dengan mencobanya dan temukan waktu yang membuat kalian paling nyaman untuk membaca. Jika kalian sudah menemukan waktu khusus membaca yang menurut kalian nyaman. Maka, kalian bisa jadikan waktu tersebut menjadi pilihan terbaik untuk membaca buku.

Usahakan kalian bisa menerapkan waktu tersebut, memang khusus untuk membaca dan secara konsisten diterapkan setiap hari agar kalian terbiasa dan memilki kebiasaan membaca.

Kalau aku sendiri, terbiasa membaca buku di pagi hari ketika berangkat kuliah, yaitu ketika di bus Trasnjakarta, disaat yang lain sibuk memainkan gadget atau tidur, aku biasa menyempatkan waktu itu untuk membaca di pagi hari. Aku juga biasa membaca buku di pagi hari, saat menunggu dosen datang. Selain itu, aku juga terbiasa membaca buku di malam hari sebelum tidur. Aku terbiasa membaca buku di waktu-waktu tersebut. Karena terbiasa membaca buku di waktu tersebut, hal ini dapat membuatku bisa membaca lebih banyak buku dalam satu hari.

Sekian tips yang bisa aku bagi, semoga bisa membantu kalian untuk membaca lebih banyak buku dan menumbuhkan dan membangun kebiasaan membaca. Semua tips tersebut bisa dilakukan asalkan kita memiliki niat yang sungguh-sungguh, dan yang paling penting temukan alasan tersebesar kalian tentang betapa pentingnya membaca buku.

Semoga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan selamat membaca!😊

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Novel Si Bungsu “Amelia” karya Tere Liye

Tentang Kamu, Novel Biografi Sri Ningsih karya Tere Liye